4 Kondisi yang Bisa Mengakibatkan Klaim Asuransi Jiwa Anda Ditolak

Salah satu alasan Anda membeli polis asuransi jiwa, tentu untuk mendapatkan jaminan atas hal buruk yang mungkin Anda alami di masa depan. Dengan adanya jaminan ini, maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih, jika sekiranya Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Namun, hal penting yang harus Anda ingat adalah, klaim asuransi jiwa Anda bisa ditolak karena 4 kondisi ini. 

  • Tak Lengkapnya Dokumen Saat Anda Mengajukan Klaim

Jika Anda ingin klaim atas asuransi jiwa Anda diterima oleh pihak asuransi, maka Anda harus melengkapi dokumen yang dimintanya. Dokumen tersebut umumnya meliputi formulir pengajuan klaim, kartu identitas pemegang polis, hasil rekam medis dan pemeriksaan laboratorium, serta tagihan rumah sakit. Jika  Anda mengalami kecelakaan lalu lintas, juga dibutuhkan keterangan dari kepolisian.

Ayo baca yang ini !  Pentingnya niat zakat mal umat muslim

Masalah yang sering terjadi adalah, pemegang polis sering tak sadar akan pentingnya kelengkapan dokumen ini. Mereka beranggapan bahwa klaim akan langsung disetujui, setelah pihak asuransi dihubungi dan biaya rumah sakit dilampirkan. Daripada nantinya Anda atau anggota keluarga yang mengurus klaim marah-marah di kantor asuransi, cari tahu dulu dokumen yang dibutuhkan untuk klaim.

  • Pemegang Polis Bunuh Diri atau Meninggal karena Ulah Sendiri

Saat pemegang polis meninggal dunia, anggota keluarga akan mendapatkan uang pertanggungan dari pihak asuransi. Dengan adanya uang pertanggungan ini, anggota keluarga bisa memanfaatkan uang tersebut melanjutkan hidup mereka, terutama jika yang meninggal adalah kepala keluarga. Namun, jangan harap uang pertanggungan ini akan cair, jika pemegang polis mati karena bunuh diri.

Selain kematian karena bunuh diri, kematian pemegang polis yang disebabkan oleh kelalaiannya sendiri juga tak akan diberikan uang pertanggungan oleh asuransi. Misalnya saja, jika pemegang polis mengendarai mobil dalam keadaan mabuk, sehingga membuatnya harus kehilangan nyawa. Klaim atas kecacatan dan perawatan di rumah sakit karena kelalaian sendiri, juga tak akan diterima.

  • Pemegang Polis Memalsukan Informasi yang Mereka Berikan
Ayo baca yang ini !  Butuh Uang? Berikut Macam-Macam Hobi yang Menghasilkan Uang

Jika ingin klaim asuransi Anda dikabulkan dengan mudah oleh pihak asuransi, maka pastikan semua data Anda isi dengan benar. Penghasilan, risiko pekerjaan yang Anda lakukan, serta riwayat kesehatan Anda, harus benar-benar real dan tak ada sedikitpun yang Anda sembunyikan. Jika data yang Anda berikan tidak sesuai dengan faktanya, maka klaim yang Anda ajukan bisa otomatis ditolak.

Anda juga harus memberikan informasi mengenai riwayat penyakit yang Anda derita, pada pihak penyedia asuransi. Untuk itu, akan lebih baik jika sebelum membeli asuransi, Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Jangan sembunyikan hal apa pun dari pihak asuransi, tuliskan semua penyakit yang diderita. Dengan begitu, Anda tak akan kesulitan dalam melakukan klaim. 

  • Penyakit yang Anda Derita Tak Masuk Daftar Pertanggungan
Ayo baca yang ini !  Cara Membuat Kartu Kredit Bni Mudah

Sebelum Anda membeli asuransi jiwa, pastikan dulu apa saja jenis penyakit yang akan ditanggung biaya perawatannya oleh pihak asuransi. Hal ini dikarenakan, terdapat beberapa  penyakit yang tak akan ditanggung biaya pengobatannya oleh pihak asuransi. Beberapa penyakit yang biasanya tak masuk dalam tanggungan pihak asuransi meliputi HIV/AIDS, kanker, stroke, gagal ginjal, serta cacat bawaan.

Ketelitian dan kejujuran saat mengurus polis asuransi, merupakan hal yang akan menghindarkan Anda dari kemungkinan ditolaknya klaim asuransi. Pihak asuransi hanya akan memberikan pertanggungan, jika informasi yang Anda berikan benar, dokumen lengkap, dan tercakup dalam kesepakatan yang telah dibuat. Jangan sampai karena kelalaian Anda, uang pertanggungan tak bisa diterima. 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.