5 Tips Jitu Merawat Rambut Setelah Smoothing

Memiliki rambut yang indah sudah barang pasti menjadi keinginan semua orang terlebih bagi kaum hawa. Rambut yang indah tersebut bagi banyak orang identik dengan rambut yang lurus tanpa keriting maupun ikal. Tidak heran banyak orang yang memiliki rambut ikal atau keriting melakukan perawatan rambut untuk merubah penampilan rambutnya menjadi lurus seperti yang mereka inginkan. Salah satu metode perawatan rambut untuk membuat rambut kita dapat lurus indah tersebut adalah smoothing.

Smoothing merupakan metode meluruskan rambut memakai obat tertentu tanpa merusak struktur asli dari rambut kita sehingga menghasilkan rambut lurus yang lebih natural. Oleh karena itu smoothing lebih banyak dipilih oleh wanita yang menginginkan perawatan terbaik untuk rambut mereka dibanding dengan metode pelurusan rambut lainnya seperti rebounding. Namun perawatan smoothing ini jika dibandingkan dengan rebounding memiliki tingkat ketahanan yang lebih singkat. Oleh karena itu untuk merawat rambut setelah smoothing agar tetap indah dan awet dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

1. Jangan Buru-buru Keramas

Banyak orang yang berpikir bahwa untuk merawat rambut setelah smoothing agar tetap lurus haruslah sering-sering mengeramasi rambutnya. Entah darimana anggapan tersebut namun biasanya pihak salon tempat kita melakukan smoothing akan memberikan peringatan agar tidak langsung mengeramasi rambut untuk paling tidak sampai tiga hari setelahnya. Hal ini karena untuk mencegah obat yang digunakan untuk meluruskan rambut pada proses smoothing akan luntur sebelum meresap sepenuhnya ke rambut dan kulit kepala kita saat melakukan keramas. Akan sangat sayang bukan jika proses smoothing yang memakan waktu cukup lama menjadi sia-sia hanya karena keteledoran kita sendiri.

2. Jangan Pernah Menggunakan Hairdryer

Banyak orang yang memilih untuk mengeringkan rambut menggunakan hairdryer daripada mengguankan handuk karena alasan kepraktisan dan membutuhkan waktu yang sangat singkat. Namun perlu diingat bahwa setelah Anda selesai mengeramasi rambut setelah menahan diri selama paling tidak tiga hari Anda tidak boleh menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya. Hal ini karena sebenarnya tidak hanya berlaku untuk rambut yang baru dismoothing namun juga dalam kondisi biasa alangkah baiknya menghindari penggunakan hairdryer dapat membuat rambut kering dan merusak struktur rambut. Gunakanlah handuk yang bersih saat mengeringkan rambut dan juga tidak perlu digesek-gesekan.

3. Gunakanlah Conditioner

Setelah rambut Anda selesai dikeramasi sebaiknya juga dilanjutkan dengan menggunakan conditioner pada batang rambut secara merata agar rambut lurus hasil smoothing kita tetap terjaga nutrisinya sehingga tetap awet lurus. Namun pastikan Anda menggunakan conditioner secukupnya saja dan tidak berlebihan karena dapat mengakibatkan rambut terlalu lepek.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Catokan

Mencatok rambut memang diperlukan untuk merawat rambut setelah smoothing untuk membuatnya tetap terlihat lurus. Namun terlalu sering menggunakan catokan juga tidak baik untuk rambut kita bahkan cenderung merusak rambut. Dalam penggunaannya catokan memang menggunakan energi panas yang jika terlalu sering digunakan akan membuat rambut kita kehilangan kelembaban alaminya sehingga rambut akan kering dan mudah patah. Hal ini tentu saja sangat tidak diinginkan dan oleh karena itu pastikan juga bahwa catokan yang digunakan bukan merupakan merek abal-abal yang sekedar panas namun memiliki efek yang sangat buruk terhadap kesehatan rambut kita.

5. Biarkan Rambut Anda Terurai

Kebanyakan wanita Indonesia sangat gemar untuk mengikat dan menggulung rambut karena alasan kenyamanan saat mereka sedang aktif bergerang. Walaupun tidak memiliki pengaruh yang terlalu besar namun jika dilakukan terlalu sering kebiasaan tersebut dapat merusak rambut hasil smoothing kita. Oleh karena itu jika memungkinkan lebiih baik untuk membiarkan rambut Anda terurai.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.