6 Cara Merawat Rambut Hasil Smoothing

Hai, selamat datang di artikel dari Code Blog, kali ini kita akan membahas tentang rambut hasil smoothing.

Bagi wanita yang ingin rambutnya terlihat cantik, sering melakukan proses smoothing. Namun proses ini menyebabkan beberapa hal di bawah ini.

  • Rambut menjadi lebih tipis dan mudah patah. Karena proses smoothing membuat rambut jadi lebih kering.
  • Kulit kepala jadi lebih murah berketombe.
  • Bisa memicu masalah kesehatan lain seperti pusing dan mual. Hal ini bisa disebabkan kamu alergi terhadap bahan yang digunakan saat proses smoothing.
  • Rambut jadi kering dan bercabang. Proses smoothing mengubah dari struktur rambutnya, jadi rentan merusak rambut kalau tidak diiringi dengan perawatan rambut yang rutin.
  • Resiko rambut lebih mudah beruban. Hal ini terjadi karena kandungan bahan kimia mempengaruhi kandungan melamin pada rambutmu.
  • Kulit kepala mengalami iritasi bagi anda yang kulitnya sensitif.

Untuk menghindari dampak di atas, kalian bisa mengikuti cara di bawah ini.

  1. Gunakan shampo atau kondisioner yang bisa memulihkan kondisi rambut.

Setelah proses smoothing, biasanya anda baru bisa keramas setelah 3 hari. Alasannya, agar obat pelurus dari smoothing benar-benar meresap ke akar rambut. Kalau anda keramas, maka obat pelurus itu akan terbuang, dan proses smoothing rambut anda menjadi sia-sia.

Setelah 3 hari, anda bisa keramas, dan pastikan memilih shampo atau kondisioner yang cocok untuk rambut setelah proses smoothing.

  1. Beri vitamin dan masker rambut secara rutin

Pastikan juga kalian memakain masker dan vitamin rambut secara rutin agar hasil dari proses smoothing tersebut menjadi optimal. Masker rambut alami bisa dibuat dari buah alpukat, yoghurt, atau lidah buaya. Fungsi masker tersebut agar rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Sedangkan vitamin rambut fungsinya untuk rambut menjadi lebih sehat dan tidak mudah patah.

  1. Jangan sering-sering menyisir rambut

Karena rambut yang baru selesai di smoothing rawan patah, kamu disarankan untuk mengurangi menyisir rambut, terlebih dengan sisir bergigi rapat. Gantilah sisir anda dengan sisir yang bergigi lebih lebar dan terbuat dari kayu.

  1. Rutin menggunting rambut yang bercabang

Potong rambut kamu yang bercabang secara rutin, misal sebulan sekali. Hal ini untuk mengurangi kerusakan rambutmu akibat dari proses smoothing.

  1. Kurangi penggunaan pengering mau catokan rambut

Penas berlebih dari alat pengering rambut ataupun catokan dapat merusak rambut. Rambut menjadi kering dan mudah patah. Kalaupun harus menggunakan 2 alat itu, pastikan rambut anda sudah dilapisi gel atau spray yang berfungsi untuk melindungi rambut dari efek panas alat pengering dan catokan rambut.

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Rambut yang diikat setelah proses smoothing dapat mempengaruhi hasil dari smoothing tersebut. Rambut jadi bergelombang. Sia-sia bukan kalau kamu sudah susah payah melakukan smoothing rambut tap hasilnya rambutmu tetap bergelombang.

Itulah 6 langkah dalam merawat rambut hasil smoothing. Langkah mana saja yang sudah kamu praktekkan? Perhatikan tiap caranya, jangan sampai ada yang tertinggal. Agar hasil smoothing rambutmu maksimal.

Smoothing rambut tujuannya agar rambut anda terlihat lebih indah. Sebelum memulai proses itu, perhatikan dulu ya hal-hal penting tentang proses smoothing rambut. Jangan sampai usahamu untuk tampil indah sia-sia, 🙂

Sekian tulisan ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya! Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.