Apa Itu Mutuals Fund?

Mutual funds sama dengan reksadana. Reksadana adalah salah satu alternatif investasi bagi masyarakat. Khususnya untuk pemodal kecil dan yang masih awam dengan dunia investasi.

Investasi jenis ini memang dibuat agar masyarakat yang memiliki waktu dan pengetahuan terbatas tentang permodalan, bisa turut serta. Mutual funds juga diharapkan bisa meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Reksadana dapat diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat, yang selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi.

Ada 3 penting dalam reksadana, pertama adanya dana dari masyarakat pemodal, kedua dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek, dan ketiga dana tersebut dikelola olah manajer investasi. Jadi dana tersebut merupakan dana bersama para pemodal yang dikelola oleh manajer investasi.

4 Jenis reksadana

Secara umum mutual funds atau reksadana ada 4 jenis, yaitu :

  1. Reksadana pasar uang.

Reksadana jenis ini melakukan investasi pada instrumen jenis pasar uang dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun. Bentuk investasinya bisa berupa deposito berjangka, sertifikat deposito, sertifikat bank Indonesia, surat berharga pasar uang, dan berbagai jenis pasar instrumen investasi pasar uang lainnya.

Reksadana ini bertujuan untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal. Reksadana ini resikonya paling rendah.

  1. Reksadana pendapatan tetap.

Jenis investasi ini menginvestasikan sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi. Tujuannya untuk meningkatkan pengembalian yang stabil, resiko relatif lebih besar daripada reksadana pasar uang.

  1. Reksadana campuran.

Reksadana ini menginvestasikan dananya dalam portofolio yang bervariasi. Instrumen investasinya bisa dalam bentuk saham dan dikombinasikan dengan obligasi. Tujuannya untuk pertumbuhan harga dan pendapatan. Resikonya bersifat moderat dan tingkat pengembalian relatif lebih tinggi dibandingkan reksada pendapatan tetap.

  1. Reksadana saham.

Kalau investasi reksadana jenis ini menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 % dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas. TUjuannya untuk pertumbuhan harga atau saham dalam jangka panjang. Resiko dari reksadana ini paling tinggi namun tingkat pengembaliannya paling besar dari tipe reksadana lain.

Keuntungan berinvestasi di Reksadana

Investasi di reksadana mendatangkan keuntungan seperti investasi lain pada umumnya. Investor dapat melakukan diversifikasi investasi tanpa harus memiliki modal besar. Melalui reksadana, akan terkumpul dana dalam jumlah besar yang bisa dikelola oleh manajer investasi pada produk investasi di pasar modal atau pasar uang.

Dengan kata lain, investasi dilakukan pada berbagai produk investasi seperti saham, obligasi, deposito, sesuai dengan kebijakan masing-masing jenis reksadana yang dikelola.

Dengan berinvestasi di reksadana, investor tidak perlu repot-repot untuk memantau kinerja investasinya. Hal itu sudah ditangani oleh manajer investasi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Resiko investasi di reksadana

Seperti investasi lain, reksadana berpeluang mendatangkan keuntungan, reksadana juga berpeluang mengalami resiko rugi.

Contoh resiko kerugian dalam investasi reksadana adalah, berkurangnya unit penyertaan. Resiko yang dipengaruhi oleh turunnya harga saham, obligasi atau surat berharga lainnya yang masuk dalam portofolio dapat dikurangi oleh manajer investasi dengan prinsip diversifikasi yang diterapkan.

Untuk resiko likuiditas adalah resiko yang menyangkut kesulitan yang dihadapi manajer investasi jika sebagian investor reksadana melakukan penjualan kembali atas unit yang dimiliki. Sehingga menyulitkan manajer investasi dalam menyediakan uang tunai untuk pengembalian.

Sudah mulai paham tentang mutual funds atau reksadana? Sudah siap berinvestasi di reksadana?

Sekian tulisan tentang mutual funds ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.