Apa itu Pengiriman Cargo?

Hai, selamat datang di tulisan terbaru dari Code Blog. Di tulisan kali ini kita akan membahas tentang apa itu pengiriman cargo.

Di zaman yang serba cepat ini, jasa pengantaran barang sudah menjadi kebutuhan. Di setiap sudut kota sekarang ini banyak tersedia outlet-outlet jasa pengiriman barang dengan menonjolkan keunggulan masing-masing. Kalau anda ingin mengirim barang, pastikan anda sudah memastikan layanan pengiriman yang sesuai dengan barang yang anda kirim dan budget. Karena jasa pengiriman ada 2 jenis, jasa pengiriman reguler dan jasa pengiriman cargo.

Perbedaan Jasa Pengiriman Cargo dan Jasa Pengiriman Reguler

Berat dan jumlah barang yang dikirimkan

Jasa pengiriman cargo biasanya menerima pengiriman barang yang berbobot berat, sedangkan jasa pengiriman reguler hanya mengirimkan barang yang bobotnya ringan dan tidak mematok berat minimum serta jumlahnya sedikit. Kalau untuk jasa pengiriman cargo, minimal bobot barang yang dikirimkan adalah 10 sampai 50 kilogram, tergantung perusahaan jasa pengiriman serta jumlah barang yang dikirimkan banyak.

Tarif jasa pengiriman

Bagi pelanggan, tarif merupakan satu hal yang penting. Harga jasa pengiriman yang murah menjadi faktor pelanggan menggunakan jasa pengiriman tersebut.

Antara jasa pengiriman cargo dan pengiriman reguler memiliki harga yang relatif. Kalau kalian mengirimkan barang yang bobotnya berat di atas 10 kilogram, sebaiknya gunakan jasa pengiriman cargo yang lebih murah. Sedangkan kalo barang yang kalian ringan dan jumlahnya sedikit, sebaiknya gunakan jasa pengiriman reguler.

Jumlah outlet jasa pengiriman cargo dan pengiriman reguler

Outlet jasa pengiriman reguler biasanya lebih banyak, bahkan hingga ke kota kecil. Karena jumlah barang yang diantarkan lebih sedikit dan barang diantarkan hingga ke alamat rumah.

Sedangkan jasa pengiriman cargo hanya terdapat di kota besar. Jadi kalau kamu menerima barang lewat jasa pengiriman cargo, pastikan kalian yang mendatangi kantor cargo tersebut. Karena mereka tidak mengantarkan barang ke alamat tujuan. Tetapi sekarang pihak jasa pengiriman cargo juga bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengantarkan barang ke alamat tujuan. Jadi lebih baik kalian pastikan ke pihak jasa pengiriman cargo, apakah barang kalian di antar ke tujuan atau tidak.

Lama Proses Pengiriman

Untuk mengirimkan barang dengan proses waktu cepat, kalian bisa gunakan jasa pengiriman reguler yang biasanya mengirimkan barang lewat udara. Biasanya barang akan tiba di tujuan dalam 1 sampai 2 hari.

Sedangkan untuk jasa pengiriman cargo, barang biasanya dikirimkan menggunakan armada truk untuk antaran dalam satu pulau dan menggunakan kapal laut untuk antaran yang berbeda pulau. Estimasi barang tiba ditujuan antara 7 sampai 14 hari.

Jadi kalo kamu mengirimkan barang melalui jasa pengiriman cargo, harap bersabar dalam menunggu barang tiba di tujuan.

Jenis barang yang dikirimkan

Barang yang dikirimkan melalui jasa pengiriman cargo kebanyakan barang berbobot berat dan jumlahnya banyak seperti mobil, motor, furniture, bahan pokok, atau bahan industri.

Kalo untuk jasa pengiriman reguler yang mengirimkan barang berbobot ringan dan jumlahnya sedikit biasanya mengirimkan barang berupa dokumen, baju, sepatu, tas, atau mainan.

Kesimpulannya, jasa pengiriman cargo bisa kalian gunakan saat mengirimkan barang dalam jumlah banyak dan berbobot berat karena tarifnya relatif lebih murah daripada jasa pengiriman reguler. Jadi jangan sampai kalian mengirimkan barang dalam jumlah kecil lewat cargo ya, mungkin tarif lebih murah tapi barangnya tiba di tujuan lebih lama.

Sekilas Info

Pada hari senin 30/1/2020 TRAC Bus Services mendapat kepercayaan dari KEMENPAREKRAF sebagai angkutan tenaga paramedic dalam pandemi covid 19 mengingat bertambahnya kebutuhan mobilitas tenaga medis.

TRAC melayani kebutuhan paramedic di RS Persahabatan untuk mobilitasnya ke penginapan di salah satu hotel di daerah Rawamangun Jakarta Timur, dengan detail sebagai berikut ;

Unit yang digunakan adalah 1 Bigbus dan 1 Small bus hiace dengan spesifikasi dan standarisasi angkutan yang dibolehkan di masa PSBB dengan mengedepankan prosedur social distancing.

Jam operasional unit antar jemput tersebut adalah dari pukul 07.00 pagi s.d 09.00 malam, dengan melakukan 5 kali bolak balik dalam sehari
Unit yang di pakai juga telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan peraturan PSBB.

Driver dibekali dengan materi safety khusus dan juga dilengkapi dengan APD, selain itu juga diberikan pelayanan dan perhatian khusus terkait kelangsungan hidup dan kesehatan oleh pihak otoritas KEMENPAREKRAF.

Sekian tulisan kali ini, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.