Bantu Maksimalkan Perkembangan Bayi Melalui 6 Kebiasaan Ini

Saat bayi Anda lahir ke dunia, tentu Anda hanya ingin yang memberikan yang terbaik untuknya. Cara Anda mendorong perkembangan bayi saat usianya masih sangat kecil, akan sangat mempengaruhi kehidupannya di masa depan kelak. Oleh karena itu, untuk mendorong tumbuh kembangnya di masa emas pertumbuhan, jangan lupa untuk rutin melakukan 6 kebiasaan ini.

6-kebiasaan-untuk-memaksimal-perkembangan-bayi

Lakukan Kontak Mata dengan Bayi Anda

Jika Anda ingin bayi Anda mengingat Anda, lakukan kontak mata sesering mungkin dengannya. Bayi mudah untuk mengenali wajah orang yang melakukan kontak mata dengannya. Selain untuk membuatnya mengenali Anda, kebiasaan ini juga untuk melatih kekuatan memorinya. Lakukan kebiasaan ini sesering mungkin, terutama saat bayi Anda baru saja terjaga dari tidur lelapnya.

Perkenalkan Bayi dengan Tekstur yang Berbeda

Pada saat bayi berusia 2 hingga 3 bulan, dia akan mulai mengeksplorasi dan mengenali lingkungan di sekitarnya. Inilah masa yang tepat bagi Anda untuk mengenalkannya dengan beragam jenis tekstur yang ada, seperti halus dan kasar. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan peralatan atau mainan bayi. Penerapan cara ini dapat melatih kemampuan motorik bayi Anda sejak dini.

Rutin Bercengkerama dengan Bayi Anda

Pada saat bayi Anda lahir, Anda bisa langsung mengajaknya bercengkerama. Hal ini dilakukan untuk mengambangkan kemampuan bahasanya. Pada bulan pertama dan kedua, biasakan untuk meniru suara yang dikeluarkan bayi Anda. Jangan lupa juga untuk bercengkerama dengannya, menggunakan nada suara yang menenangkan, ditambah dengan wajah yang penuh ekspresi.

Pada saat bayi berusia 4 atau 5 bulan, latih kemampuan bicaranya dengan ikut mengucapkan ocehan khas bayi seperti “ma-ma” atau “ba-ba”. Selain itu, jangan lupa untuk memanggil namanya saat Anda tengah bicara dengannya, agar dia tahu bahwa Anda mengajaknya bicara. Jadikan bayi Anda sebagai teman bicara, dengan menceritakan kepadanya apa saja yang sedang Anda lakukan.

Pilih Mainan yang Berwarna dan Mengasah Kemampuan Motoriknya

Pada saat bayi Anda berusia 6 bulan, dia akan mulai duduk dan menjangkau semua benda di sekitarnya. Pada saat inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memperkenalkan warna, serta melatih kemampuan motoriknya. Pilihlah mainan yang dengan warna yang beragam dan juga memicu bayi untuk bergerak. Dengan begini, perkembangan bayi Anda dari segi motorik akan meningkat.

Jangan Lupakan Permainan Cilukba

Seringnya cilukba dimainkan dengan bayi, sama sekali bukan tanpa alasan. Pada usia 9 bulan, bayi mengerti bahwa saat suatu hal tak terlihat, bukan berarti dia tak ada. Bayi sadar saat memainkan cilukba, wajah Anda akan menghilang untuk sementara, lalu kemudian kembali lagi. Pada tahap usia ini, bayi beranggapan bahwa saat tengah memejamkan mata, berarti dia sedang bersembunyi.

Nyanyikan Lagu Untuknya

Menyanyikan lagu untuk bayi Anda, merupakan cara agar kemampuan mendengarnya terlatih. Selain itu, dia juga akan bisa mengenali suara Anda dengan baik. Nyanyikan lagu untuknya menjelang dia tidur, saat Anda menenangkannya dari tangisan, dan di setiap kesempatan yang ada. Pengenalan nada saat bayi ini bahkan dianggap sebagai cara yang bisa mencerdaskan otak bayi.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan, agar perkembangan bayi Anda bisa optimal di masa emas pertumbuhannya. Semakin sering Anda berinteraksi dengannya, maka akan semakin mudah dia untuk mengenali Anda dan mempelajari hal baru di sekitarnya. Simpan gadget Anda sejenak, lalu luangkan waktu untuk bercengkerama dengan buah hati kesayangan Anda.  

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.