Beli Mobil Secara Kredit Sebenarnya Rugi, Masa sih?

Ketika Anda memutuskan untuk membeli kendaraan bermotor yang dalam hal ini adalah mobil secara kredit, apa yang Anda pikirkan? Cicilan dan bunga yang cukup besar? Yah, kebanyakan orang memang berpikir seperti itu. Namun, untuk gaya-gayaan tak masalah. Tapi, karena itu, ada juga yang beranggapan bahwa sebenarnya cara ini buat rugi. Masa iya?

beli-mobil-secara-kredit

Apa Benar Rugi?

Berbicara mengenai rugi atau tidak membeli kendaraan bermotor secara kredit, sebenarnya tergantung sekali bagaimana cara Anda menilainya. Namun, ada hal yang sebenarnya perlu Anda perhatikan sebelum mengatakan cara ini membuat rugi. Pertama, kenaikan harga. Harga kendaraan tiap tahunnya terus mengalami kenaikan.

Ada banyak faktor yang membuat harga selalu naik setiap tahun seperti nilai tukar uang, ongkos produksi, inflasi hingga bea balik nama kendaraan bermotor. Semua faktor tersebut sangat susah diprediksi kestabilannya. Oleh sebab itu bila mau beli kendaraan, ada baiknya tak tunda terlalu lama.

Faktor lain yang sebaiknya Anda pertimbangkan adalah kebutuhan Anda. Apakah Anda benar-benar membutuhkan kendaraan tersebut untuk menunjang aktivitas? Jangan sampai karena Anda beranggapan beli secara kredit merugikan, Anda membuat diri sendiri ribet karena masalah transportasi.

Kerugian Beli Secara Kredit

Bila Anda masih mau tahu apa saja kelemahan membeli mobil secara kredit, Anda bisa lihat di sini. Kekurangan pertama adalah Anda akan memiliki beban keuangan tambahan setiap bulannya. Anda harus membayar cicilan sesuai ketetapan setiap bulan sampai kredit tersebut lunas. Secara tak langsungl, ini juga membuat Anda menambah utang.

Bunga yang tinggi juga bisa membuat beban Anda semakin besar. Selain itu, jumlah yang harus Anda bayarkan bila dibandingkan beli secara tunai juga lumayan selisihnya. Terlebih bila kondisi sosio politik di tempat Anda tak stabil. Ini akan menjadi beban tambahan untuk Anda. Sebab, biasanya dalam keadaan ini akan ada kenaikan suku bunga kredit.

Keuntungannya?

Meski banyak yang bilang beli secara kredit ini membuat rugi, sebenarnya ada juga keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Beberapa keuntungan tersebut adalah bila kendaraan tersebut digunakan untuk tujuan produktif, maka Anda bisa menambah perputaran modal.

Maksudnya, bila Anda membeli kendaraan untuk kebutuhan usaha, maka bisa membuat usaha lebih lancar dan perputaran modal tetap jalan. Tentu saja, untuk mendapatkan ini, Anda harus memperhatikan likuiditas pemasukan dari usaha tersebut lebih dulu. Selain itu, secara psikologis, membeli secara kredit ini juga lebih ringan.

Kesan ringan ini didapat ketika Anda membandingkannya dengan membeli secara tunai. Sebab, angka ratusan juta bukanlah angka yang kecil untuk dikeluarkan dalam satu waktu sekaligus. Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dengan membeli kendataan bermotor secara kredit adalah faktor kecepatannya.

Maksud faktor kecepatan ini adalah kemudahan dalam mendapatkan kredit tersebut. Sekarang ini, lewat leasing Anda bisa mendapatkan kendaraan yang diinginkan. Cukup bayar uang muka dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan saja, kendaraan bisa langsung dikendarai. Keuntungan lainnya adalah tak perlu bayar total harga keseluruhan.

Seperti yang sudah dibilang tadi, mengeluarkan uang ratusan juta sekaligus bukan perkara mudah. Kemampuan ekonomi Anda juga akan berkurang cepat selama beberapa waktu setelah Anda beli kendaraan secara tunai.

Jadi, bila melihat perbandingan di atas, membeli kendaraan bermotor terlebih mobil secara kredit, sebenarnya menguntungkan atau tidak, sih? Sekali lagi, semua berbalik pada diri Anda sendiri. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keuangan yang Anda miliki dan jangan sampai semuanya menjadi beban.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.