Cara yang Bisa Dilakukan untuk Siasati Bayi Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi bisa mengenai bayi mana saja. Ini adalah reaksi alergi makanan yang umum ditemui pada bayi. Namun, meski umum, bayi alergi susu sapi juga tak bisa dibiarkan begitu saja sebab bisa membuat hal fatal. Selain mengobati, kamu juga harus cari alternatif susu lain yang bisa diberikan pada bayi. Ini dia!

bayi-alergi-susu-sapi

1. Pemberian ASI

Susu sapi atau susu formula umumnya digunakan sebagai pendamping ASI. Namun, kalau bayi tersebut ternyata alergi terhadap susu sapi, setelah penghentian pemberian susu sapi, ada baiknya mereka yang masih menyusu ASI hanya diberikan ASI saja. ASI adalah pilihan terbaik untuk penuhi gizi bayi terlebih bagi mereka yang alergi.

Sebab, ASI menawarkan gizi yang seimbang dan perlindungan terhadap penyakit dan infeksi serta mengurangi sindroma kematian mendadak pada bayi. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara mengatasi bayi alergi susu sapi ASI dengan si ibu yang juga menghentikan konsumsi berbagai produk yang mengandung susu sapi.

Ayo baca yang ini !  4 Cara Memakai Lip Tint

2. Formula Hidrolis

Hanya saja, tidak semua bayi saat ini bisa menikmati ASI. Kalau bayi sudah tak mengonsumsi ASI, maka cara lain yang bisa kamu lakukan kebutuhan gizi bayi tercukupi adalah dengan memberikan susu formula hidrolisis. Ini adalah susu untuk bayi alergi susu sapi dan soya yang bisa kamu berikan.

Susu ini sebenarnya masih berbasis susu sapi. Hanya saja, proteinnya sudah dipecah menjadi partikel yang lebih kecil sehingga tubuh bayi tak akan mengenalinya sebagai protein yang berbahaya. Hal ini juga membuat susu itu lebih mudah dicerna dan tak akan menimbulkan alergi lagi pada bayi.

3. Formula Soya

Selain susu hidrolis yang harganya cukup mahal bila dibandingkan susu formula biasa, kamu juga bisa memberikan bayi susu formula soya saja. Susu berbasis protein kedelai ini adalah salah satu pilihan paling direkomendasikan untuk bayi yang alergi susu sapi. Kandungan nutrisinya sama baiknya dengan susu formula pada umumnya.

Ayo baca yang ini !  Meski Terlihat Sepele, Jangan Lakukan Ini Ketika Mencuci Pakaian Bayi

Hanya saja, sebelum memberi susu formula soya ini, kamu juga harus pastikan bahwa bayimu tidak alergi terhadap susu kedelai. Pasalnya 8 hingga 14 persen bayi yang alergi terhadap susu sapi juga mengalami alergi terhadap susu kedelai. Untuk memastikannya, kamu bisa konsultasi dengan dokter dan lakukan cara tes alergi susu sapi pada bayi.

Fomula kedelai ini mengandung phytate yang dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi pada bayi. Namun, kandungan phytate inilah yang juga bisa buat susu kedelai tak cocok untuk bayi meski semua bayi yang alergi terhadap susu sapi juga alergi terhadap susu kedelai.

4. Formula Berbasis Asam Amino

Bila bayi kamu ternyata juga alergi terhadap susu kedelai, maka kamu bisa memberi susu formula berbasis asam amino saja. Susu ini tak akan mengganggu perkembangan bayi alergi susu sapi. Malah, sebenarnya membantu agar perkembangannya lebih optimal.

Ayo baca yang ini !  Ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

Susu ini mengandung asam amino yang berasal dari pengurain protein dalam susu sapi. Susu ini bisa diberikan untuk bayi yang alergi susu sapi, tapi juga alegi terhadap susu hidrolisis dan susu kedelai. Dengan kata lain, susu ini cocok untuk bayi yang mengalami alergi parah terhadap susu.

Nah, itulah berbagai jenis susu yang bisa diberikan pada bayi alergi susu sapi. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya pemberian susu tersebut sesuai saran dokter. Tidak disarankan kamu asal memilih susu untuk diberikan pada buah hati yang didasarkan pada kira-kira saja.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.