Ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

Jika kamu memberikan susu sapi kepada bayi dan kemudian ia mengalami ciri bayi alergi susu sapi, ada baiknya segera kamu hentikan pemberiannya. Meski cukup jarang, namun keadaan ini bisa berakibat fatal untuk buah hati kamu. Salah satu risiko yang bisa terjadi adalah anafilaksis. Nah, apa saja ciri bayi yang alergi terhadap susu sapi dan cara atasinya?

Ciri-Ciri Bayi yang Alergi Susu Sapi

1. Masalah Kulit

Salah satu ciri untuk bayi yang menderita alergi terhadap susu sapi adalah terjadi masalah pada kulitnya. Masalah yang dimaksud utu adalah masalah seperti timbulnya eksim di sekujur tubuh. Selain itu, masalah kulit juga bisa berbentuk ruam, gatal-gatal, mata yang berair dan bengkak hingva kulit bagian pipi yang memerah atau memucat.

2. Masalah Pencernaan

Selain masalah kulit, ciri-ciri bayi alergi susu Bebelove

Ayo baca yang ini !  Mengatasi Anak Alergi Susu
atau susu formula dari susu sapi lainnya adalah mengalami masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang umum terjadi adalah diare, perut kembung, sembelit atau konstipasti, muntah-muntah dan tidak mau makan. Bila bayimu mengalami ciri tersebut sehabis konsumsi susu, bisa jadi ia alergi susu.

3. Masalah Pernapasan

Tak hanya sampai di situ saja, ciri bayi tidak cocok susu SGM atau susu formula dari susu sapi lainnya juga terjadi pada pernapasan bayi. Masalah pencernaan yang sering terjadi adalah ada suara ketika ia bernapas. Selain itu, bayi juga sering batuk, hidung berair dan beberapa gejala kedinginan.

4. Masalah Umum

Ciri bayi tidak cocok susu Lactogen atau susu formula dari susu sapi lainnya juga bisa terjadi di seluruh tubuh dan kadang tak terlihat kasat mata. Masalah umum ini adalah seperti sifatnya yang tiba-tiba jadi rewel sehabis minum susu, sering menangis, susah tidur, lesu, gelisah dan berat badan yang susah naik juga bisa jadi ciri dari alergi susu sapi.

Ayo baca yang ini !  4 Cara Memakai Lip Tint

Cara Mengatasinya

1. Menghindarkan Bayi dari Susu Sapi Sementara

Ketika bayi menunjukkan ciri bayi tidak cocok susu Bebelove atau susu formula dari susu sapi lain, salah satu langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan menghindarkan bayi dari susu sapi sementara. Berilah ia susu lain seperti susu soya atau susu kambing sampai setidaknya ia berumur 3 tahun. Sebab, di umur itu biasanya alergi susu sapi tak lagi terjadi.

2. Ibu Tidak Mengonsumsi Makanan dengan Basis Susu Sapi

Ketika anak menunjukkan ciri-ciri bayi alergi susu Morinaga atau susu formula bayi lainnya yang terbuat dari susu sapi, ada baiknya ibu juga tidak mengonumsi makanan dan minuman yang berbasis susu sapi. Hal ini berlaku untuk ibu yang beri ASI pada bayi. Sebab, bayi tetap bisa kena alergi dari makanan mengandung susu sapi yang dikonsumsi ibu.

Ayo baca yang ini !  Macam Alergi Yang Sering Dijumpai Pada Anak Dan Dewasa

3. Konsumsi Makanan dengan Formula Berbasis Kasein

Saat bayi menunjukkan alergi susu sapi namun ia menunjukkan ciri bayi cocok dengan susu formula, kamu bisa berikan bayi susu dengan formula berbasis kasein. Ini adalah makanan bayi yang telah melewati proses hidrolisi secara eksentif sehingga protein dalam susu sudah dipecah dan bisa dikonsumsi oleh bayi yang alergi susu sapi.

Nah, itulah berbagai ciri bayi alergi susu sapi dan cara mengatasinya yang bisa kamu coba. Bayi yang alergi terhadap susu sapi memang membuat risau orang tua. Terlebih bila ia tak mengonsumsi ASI. Namun tenang, sekarang kamu bisa menggantinya dengan produk susu lain seperti susu berbasis soya atau susu kambing saja.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.