Kecantikan Alam Nabire yang Memukau Hati

Kecantikan Alam Nabire yang Memukau Hati

Pesona alam bumi Papua tak terdapat habisnya dan telah tidak butuh diragukan. Pulau yang berpenduduk tidak banyak sehingga banyaknya potensi wisata alam yang belum terekspos menjadikan bumi papua masih virgin. Keperawanan Papua unik perhatian semua wisatawan dalam negeri dan manca negara. Tidak melulu Raja Ampat, Papua mempunyai keindahan lainnya di area Nabire. Nabire, di antara kabupaten di Papua Timur. Saat ini belum tidak sedikit yang tahu daya tarik alam Nabire sebab kabupaten ini belum resmi diputuskan sebagai wilayah wisata. Pengelolaan lokasi wisata yang belum maksimal, sumber daya insan yang belum mumpuni, sarana dan prasarana yang masih belum mencukupi menjadi penyebab wisata Nabire belum terekspos. Sebenarnya potensi wisata alam Nabire sangat estetis yang tak kalah dengan Raja Ampat. Berikut ini sejumlah objek wisata di Nabire yang mesti dikunjungi supaya wisata kita menjadi antimainstream.

Pantai Gedo

Pantai Gedo sedang di Desa Sanoba, Wahario. Lokasi tepatnya selama 10 meter di sebelah unsur timur Kota Nabire. Hanya perlu 20 menit dari Kota Nabire guna sampai di pantai ini. Keindahan Pantai Gedo terdapat pada birunya air laut dan warna pasir yang begitu putih bersih. Pantai ini lumayan ramah untuk anak-anak karena di dekat pantai dibangun sejumlah area bermain anak-anak laksana taman bermain, pemandian, dan wahan-wahana penunjang lainnya. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini ialah berenang dan berjemur. Pada tadinya pantai ini melulu dikelola oleh masyarakat setempat. Namun seiring berjalannya waktu, lokasi wisata ini ditemui oleh tidak sedikit orang. Pada kesudahannya pantai ini dipungut alih oleh Dinas Pariwisata guna dikelola secara resmi. Saat ini Pantai Gedo telah tertata apik dan bersih sampai-sampai wajib dikunjungi khususnya pada senja hari. Selain merasakan momen sunset, kita akan menikmati betapa serunya berkumpul dengan masyarakat setempat.

Ayo baca yang ini !  3 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bali

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang lebih dikenal dengan Teluk Cendrawasih saja benar-benar mengagumkan. Tempat ini tergolong taman nasional laut terbesar di Indonesia. Teluk Cenderawasih pun dinobatkan sebagai lokasi menyelam terbaik di Indonesia. Taman nasional seluas 1.453.500 hektar ini terdiri dari Hutan Manggrove, Hutan tropika, dan di dalam laut terdapat tidak sedikit terumbu karang yang sehat. Terdapat 150 tipe spesies yang terdiri dari 15 famili dan 290 tipe ikan yang tersebar di sepanjang pulau dan lautan yang berada dalam satu area ini. Daya tarik Teluk Cendrawasih pastinya wisata bahari. Taman laut yang estetis terdiri dari cucuran vertikal yang megah, taman karang yang indah, serta kehidupan spons dan berjuta ikan. Benar-benar surga di bawah laut. Bahkan di dalam lautnya pun menjadi lokasi bermain fauna laut terbesar di dunia yakni Hiu Paus (Whaleshark) berbintik. Di samping Whaleshark, ada pun penyu sisik, penyu hijau umu, penyu ridle pasifik, dan penyu belimbing yang tidak terdapat di laut wilayah lainnya. Tidak melulu itu, ada pun pulau kepiting kelapa, lumba-lumba, dan hiu. Waktu terbaik untuk mendatangi Teluk Cendrawasih ialah antara Mei sampai Oktober sebab sudah masuk musim kemarau sampai-sampai cuaca cerah. Untuk mengarah ke lokasi, Anda dapat melewati Nabire lalu memungut longboat ke Taman Pualu Rumberpon dengan masa-masa tempuh selama 5,5 jam. Setelah tersebut naik perahu mengarah ke desa Kwatisore dari Nabire selama 3 jam. Setelah tersebut barulah Anda bakal tiba di surga dunia ini.

Ayo baca yang ini !  Objek Wisata Flores Nusa Tenggara Timur

Pantai Monalisa

Pantai Monalisa sedang di Barotei Kampung Air, Mandidi Samabusa. Nama pantai ini cocok dengan nama empunya resort di sekitar pantai ini yang keberadaannya unik perhatian masyarakat Nabire. Keindahan yang menarik dari pantai ini tampak dari suatu jembatan yang masing-masing sisinya terdapat bilik peristirahatan. Sedangkan di sisi lainnya terlihat air laut yang paling biru bening dan terlihat dangkal sampai-sampai pengunjung dapat berenang dengan aman. Waktu terbaik guna datang ke pantai ini ialah pada senja hari supaya bisa merasakan senja dengan daya tarik keindahan sunset yang seolah terbenam di balik lokasi peristirahatan. Suasana romantis menyatu secara alami dengan keindahan alam sampai-sampai tempat ini sangat sesuai untuk dihabiskan bareng pasangan. Membayangkan alangkah indahnya pantai ini saja telah menyenangkan, lagipula saat sedang di pantai ini secara langsung.

Pantai Nusi

Pantai Nusi terletak di ujung unsur timur Nabire, tepatnya di Distrik Makimi. Berjarak selama 30 km dari pusat kota Nabire. Pantai Nusi ini sedikit bertolak belakang karena mempunyai pasir berwarna hitam. Pantai ini tidak jarang kali ramai dikunjungi wisatawan sebab kondisi pantai sangat menyokong untuk berkumpul bareng teman atau keluarga. Daya tarik utama Pantai Nusi yakni keindahan wisata bawah laut yang paling kaya. Semua keindahan itu dapat dinikmati dengan snorkeling atau diving. Pengunjung dapat menikmati keindahan terumbu karang, pelbagai jenis ikan, rumput laut, serta biota laut lainnya ketika menyelami taman bawah lautnya. Tidak perlu cemas atau repot membawa alat menyelam sebab tersedia lokasi penyewaan perangkat menyelam (snorkeling dan diving).

Pantai MAF

Pantai MAF berjarak selama 400 meter dari kota Nabire. Nama MAF berasal dari nama Bandara MAF (Mission Aviation Fellowsip) sebab pantai ini terletak paling deat dengan Bandara Nabire. Banyak orang yang datang ke pantai ini sebab lokasinya dekat dari bandara sampai-sampai siapapun yang jenuh berada di bandara dapat langsung datang ke pantai ini untuk merasakan keindahan alam. Pantai MAF menjadi tempat piknik kesayangan untuk keluarga. Waktu terbaik guna datang ke pantai ini yaitu pada senja hari sebab panorama langit di pantai ini paling indah. Matahari terbenam berwarna kemerahan akan menciptakan suasana syahdu dan menentramkan. Berjalan-jalan di ambang pantai menjadi pekerjaan yang unik untuk dilakukan.

Ayo baca yang ini !  Menjelajahi Wisata Alam Pangandaran Jawa Barat

Pantai Burate

Pantai Burate tak kalah cantik dengan pantai-pantai lainnya di Nabire. Keindahannya berupa ombak yang lumayan tenang sampai-sampai nyaman guna berenang. Jika perlu tempat yang sunyi guna menyendiri atau merenung maka datanglah ke pantai ini karena lumayan sepi pengunjung. Pantai berpasir putih dengan pepohonan yang rindang menjadikan benak dan hati terasa tentram. Keunikan panorama di pantai ini yaitu ada pohon-pohon bakau yang besar di laut yang posisinya lumayan dekat dari daratan berpasir di pantai. Jika hendak berlama-lama di pantai ini usahakan membawa bekal makanan dan minuman sebab tidak ada penjaja di area pantai. Berjalan-jalan tanpa alas kaki menjadi sesuatu yang mengasikkan untuk dilaksanakan di pantai ini.

Itulah sejumlah objek wisata di Nabire yang tak boleh terlewatkan. Tidak susah untuk ditemui sehingga wajib menyediakan waktu untuk berangjangsana ke sana. Keberadaan alam yang estetis harus tidak jarang kali dijaga, tetapi sebagai penduduk negara Indonesia yang baik pun wajib mengenalkan objek wisata di daerah-daerah yang belum tidak sedikit diketahui. Agar masyarakat setempat dapat lebih maju secara ekonomi. Happy traveling!

Referensi Rekreasi Alam Indonesia

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.