Mau Masuk Jurusan Soshum? Ini Rekomendasi Pilihan Jurusan Paling Diminati

Jurusan kategori Ilmu Sosial dan humaniora menjadi kategori jurusan yang diminati mahasiswa. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih dan masuk kategori populer, bahkan beberapa Universitas yg menyediakan kelas karyawan untuk jurusan tersebut. Selain itu, jika dilihat dari prospek kerjanya berbagai jurusan kategori soshum memiliki prospek yang luas di masa depan.

Bagi yang ingin memilih perkuliahan kategori jurusan ini, berikut beberapa rekomendasi jurusan paling diminati untuk kategori soshum:

Jurusan Hubungan Internasional

Masuk kategori jurusan ilmu sosial yang memiliki banyak peminat, Hubungan Internasional merupakan jurusan yang mempelajari perihal cara komunikasi serta diplomasi dengan orang lain utamanya orang asing. Sesuai dengan pembelajaran yang akan dilakukan, jurusan satu ini mengharuskan mahasiswanya untuk memiliki kemampuan dalam bidang bahasa yang memadai (umumnya bahasa Inggris).

Selain kemampuan berbahasa, mahasiswa jurusan Hubungan Internasional juga dituntut untuk memahami etika, kebiasaan, serta budaya dari berbagai negara yang ada di dunia. Tujuannya agar kegiatan diplomasi berjalan dengan baik.

Jurusan Manajemen

Cukup mudah menemukan kuliah kelas karyawan untuk jurusan satu ini, salah satu jurusan paling diminati sepanjang masa. Prospek kerja jurusan ini memang tersebar di mana-mana, sehingga setelah lulus alumni sangat mudah dalam hal mencari pekerjaan. Setiap bidang bisnis / usaha membutuhkan keahlian bidang manajemen, tidak heran karenanya alumni jurusan ini banyak dicari.

Jurusan Manajemen sendiri memiliki beberapa konsentrasi yang bisa dipilih, seperti Manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen operasional, dan lainnya. 

Jurusan Komunikasi

Belakangan ini jurusan komunikasi memiliki banyak peminat, pasalnya peluang kerja jurusan ini yang cukup luas di masa sekarang. Alumni jurusan komunikasi bisa bekerja di berbagai media massa, menjadi seorang jurnalis, public relation, copywriter, penyiar, reporter, pembawa acara, MC, atau lainnya. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar tentang komunikasi, baik itu yang berhubungan dengan pribadi (diri sendiri), komunikasi dengan publik, maupun komunikasi secara formal.

Pada umumnya komunikasi mempelajari bagaimana cara menyampaikan pesan/berita dapat dilakukan secara efisien dan efektif, tujuannya mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Di jurusan ini, bukan hanya belajar tentang komunikasi namun juga tentang pemanfaatan teknologi untuk melakukan komunikasi.

Jurusan Akuntansi

Hampir sama Universitas menyediakan jurusan ini, bahkan untuk kategori kelas karyawan. Jurusan akuntansi menjadi salah satu yang difavoritkan, bukan hanya kategori soshum namun juga untuk kategori jurusan favorit secara umum. di jurusan ini mahasiswa akan banyak berkutat dengan perhitungan, menghitung keuangan fiktif yang fisiknya tidak ada. Alumni akuntansi biasanya disebut sebagai akuntan, salah satu profesi yang pas dibutuhkan oleh semua perusahaan terutama perusahaan besar.

Seorang akuntan bertugas membuat perencanaan, pencatatan keuangan, melakukan analisa, dan melaporkannya kepada atasan (pihak manajemen). Selain itu, seorang akuntan juga bertugas untuk memberikan rekomendasi agar biaya operasional yang dikeluarkan lebih efektif dan efisien (tentunya demi keuntungan perusahaan).

Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum yang banyak difavoritkan oleh mahasiswa, bahkan saat ini tersedia kuliah kelas karyawan untuk jurusan satu ini. Dari dulu hingga saat ini, jurusan hukum tidak pernah sepi peminat.

Hal tersebut tidak lepas dari prospek kerjanya yang selalu dibutuhkan, terlebih profesi alumni ini akan dibayar dengan honor yang cukup tinggi. Mahasiswa jurusan hukum akan belajar tentang hukum, mulai dari teori, praktek, hingga pada seluk beluk penerapannya di dunia nyata.

Konsentrasi jurusan satu ini juga terbilang beragam, mulai dari hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional, hukum ekonomi, dan lainnya. Ada banyak profesi menarik yang meneliti untuk alumni jurusan ilmu hukum, seperti hakim, pengacara, jaksa, dan lainnya (disesuaikan dengan konsentrasi jurusan yang dipilih). Untuk profesi notaris, mahasiswa harus melanjutkan ke jenjang S2.

Jurusan Psikologi

Sebenarnya jurusan Psikologi ini ada yang masuk kategori soshum, namun ada juga yang berada di bawah naungan ilmu Science. Psikologi kategori soshum akan lebih banyak mempelajari tentang sosial humaniora, meski begitu pelajaran sains juga tetap dipelajari hanya saja tidak sesuai dalam psikologi kategori sains.

psikologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku mental, tentang yang dilakukan manusia dan bagaimana manusia berperilaku. Selain itu, disiplin ilmu ini juga meneliti tentang alur pemikiran serta alasan di balik sebuah tindakan yang dilakukan oleh manusia (seperti persepsi, kognitif, hubungan serangkaian aktivitas, dan lainnya). Jurusan satu ini masuk kategori prodi soshum favorit, banyak diminati oleh mahasiswa (berdasarkan pada peminatan SBMPTN 2019).

Kamu akan banyak menemukan kelas karyawan untuk berbagai jurusan favorit, seperti akuntansi atau manajemen. Pasalnya dua jurusan ini memang dikenal sebagai jurusan populer, terutama di kalangan karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan. Meski begitu, berbagai jurusan lainnya juga tersedia jenis perkuliahan untuk karyawan.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.