Mengatasi Anak Alergi Susu

Susu yang dianggap merupakan salah satu jenis minuman yang kaya akan nutrisi tentu saja banyak digunakan oleh orang tua untuk melengkapi kadar gizi pada anak. Kadar gizi pada anak yang tercukupi dengan baik ditandai dengan faktor tumbuh kembang anak bisa berfungsi secara optimal. Pertumbuhan anak sesuai dengan usianya memang menjadi salah satu pertanda umum anak yang tercukupi kebutuhan gizinya. Namun kasua menjadi berbeda jika ternyata anak alergi susu sapi yang diberikan oleh orang tuanya. Tentunya para orang tua ingin agar keluhan tersebut tertangani dengan baik. Ketika keluhan pada anak yang tidak dapat tertangani maka akan kesulitan untuk benar-benar memastikan kecukupan gizi anak terpenuhi dengan baik.

gambar dari hellosehat.com

Bagi anda para orang tua yang memiliki anak alergi susu sapi maka anda tidak perlu panik. Cukup gunakan beberapa langkah berikut untuk melakukan penanganan kepada anak yang menderita alergi:

Bagi anak yang masih mengkonsumsi asi, sebaiknya jangan pernah berikan produk susu sapi pada anak. Produk susu sapi bukan hanys susu formula saja. Namun produk olahannya seperti keju dan yang sejenisnya. Sebab jika anak yang sedang diberikan asi ketika ditambahkan dengan konsumsi produk olahan susu, maka dampaknya adalah reaksi alergi pada anak akan muncl seketika itu juga. Kemunculan reaksi alergi dan juga ciri alergi pada anak benar-benar akan nampak seketika itu juga saat anak diberikan produk olahan susu sapi. Biasanya untuk anak yang masih mengkonsumsi asi, sistem pencernaannya tidak siap untuk menerima protein susu sapi.

Ayo baca yang ini !  3 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat pada Ibu Hamil

Bagi anak yang memang tidak mendapatkan cukup asi namun ternyata memiliki alergi terhadap susu sapi, maka sebelum anda memutuskan untuk memberikan susu formula konsultasikan pada dokter jenis susu apa yang bagus untuk anak anda. Setidaknya jenis susu lain selain susu sapi biasa yang biasa dikonsumsi anak yang sama sekali tidak memiliki riwayat alergi pada susu sapi. Jenis susu apakah yang cocok dikonsumsi oleh anak anda yang memiliki kecenderungan alergi pada protein susu sapi yang tidak bisa diterima oleh tubuhnya.

Cara berikutnya adalah gantikan susu sapi dengan susu berbahan dasar kedelai yang relatif lebih aman untuk anak yang memiliki keluhan alergi. Protein yang ada pada susu sapi dan yang ada pada kedelai jenisnya sangat berbeda. Kandungan protein yang berbeda pada susu kedelai dan susu sapi membuat anak yang memiliki keluhan alergi pada susu sapi bisa tetap mengkonsumsi susu meskipun bukan berasal dari susu sapi. Konsumsi susu yang berbahan dasar kedelai direkomendasikan untuk anak yang memiliki riwayat alergi. Sebab jenis protein yang ada pada kedelai berbeda dan mudah dicerna oleh tubuh anak jika dibandingkan dengan protein yang terdapat pada susu sapi.
Selain anda harus mengetahui cara penanganan kasua anak alergi susu sapi, anda sebagai orang tua yang bijaksana juga harus memahami bagaimana caranya untuk menghindari terjadinya alergi susu sapi pada anak.

Ayo baca yang ini !  3 Tips Mengatasi Lactose Intolerant pada Ibu Hamil

Pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus menghindarkan anak dari produk makanan yang mengandung susu sapi. Jadi sebelum anda memberikannya pada anak, akan lebih baik jika anda memeriksa bahan apa sajakah yang terdapat di dalam makanan yang akan anda berikan pada anak. Minimal anda mengetahui bahwa makanan yang dikonsumsi oleh anak bebas dari kadar laktosa yang ada di dalam makanan. Sebab laktosa inilah yang menyebabkan beberapa reaksi pada sistem pencernaan anak.

Langkah berikutnya adalah perhatikan bagaimana reaksi alergi yang muncul pertama kali pada anak. Terkadang ada anak yang super sensitif terhadap kadar laktosa pada makanan. Sehingga dengan membaca semua kandungan yang terdapat di dalam makanan tersebut anda harus hindarkan minuman atau makanan yang memiliki kandungan laktosa meskipun dalam kadar yang sedikit.
Konsumsi calsium dan protein dalam jumlah cukup yang berasal dari makanan lainnya. Kecukupan kalsium dan protein yang di dapatkan dari produk makanan lain selain susu sapi akan menolong anak yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi bisa tetap memperoleh nutrisi yang baik dan penuh dengan konsumsi makanan lain selain yang berasal dari susu sapi.

Bagi kasus anak alergi susu sapi tentunya harus sangat berhati-hati dalam hal makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Jika anda tidak berhati-hati saat akan memberikan makanan dan minuman untuk anak tentunya reaksi kemunculan alergi akan muncul begitu saja. Jadi ada baiknya saat anda mengetahui bahwa anak anda memiliki riwayat alergi, maka anda harus segera lakukan tindakan pencegahan dan tindakan untuk menghindarinya. Tindakan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung susu sangat wajib anda lakukan jika anda tidak ingin anak anda mengalami reaksi berupa gangguan pencernaan maupun gangguan lainnya yang sangat menurunkan tingkat kesehatan anak anda.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.