Mengenal Berbagai Jenis Kopi Lokal

Jenis Kopi – Hampir seluruh umat manusia di dunia mengenalnya, sebuah biji yang diolah akan menjadi serbuk kopi kemudian di sedu dengar air hangat akan tercipta suatu minuman yang sangat di gemari semua kalangan. Kopi sendiri selalu menemani keseharian penikmatnya mulai dari zaman raja ā€“ raja terdahulu hingga di zaman modern seperti saat ini. Meminumnya bagaikan mengembalikan semangat jiwa yang hilang, warna hitam pekat yang menjadi ciri khasnya sungguh memikat siapa yang memangdangnya. Kopi sendiri sekarang menjadi minuman yang sedang viral di kalangan remaja milineal, dengan di hadirkan berbagai macam serta varian rasa kopi membuatnya lebih menarik. Minuman ini di pasarkan di berbagai kedai yang ada mulai dari kedai kopi kaki lima hingga cafe bintang lima. Adapun berbagai jenis kopi adalah sebagai berikut,

  • Kopi Arab Lereng Gunung Raung (Kopi Pesantren)

Bagi para penikmat kopi, pastinya tidak asing bukan dengan kopi yang satu ini. Kopi yang terbuat dari rempah yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Kombinasi antara biji kopi dengan rempah ā€“ rempah ini juga memberikan rasa dan warna yang berbeda dengan kopi lainnya. Kopi ini memiliki banyak perbedaan dengan jenis kopi lainnya terutama dari proses pemanggangan. Proses ini menghasilkan perubahan kimia sehingga rasanya menjadi khas dan kadar kafeinnya juga menjadi berkurang. Kopi ini juga di tambahkan rempah-rempah seperti kapulaga dan cengkih sehingga terasa sedikit pedas dan warnanya pun berbeda.

  • Kopi Lintong

Merupakan salah satu kopi terbaik yang berasal dari daerah ketinggian Toba Sumatera Utara. Penamaan Lintong sendiri di ambil dari tempat di daerah Sumatera Utara. Kopi ini memiliki cita rasa yang khas, kekentalan yang di hasilkan dari seduan kopi ini sangat baik dan keasaman yang seimbang serta rasa coklat yang di ciptakan terasa nikmat.

  • Kopi Ateng

Kopi yang berasal dari Sumatera Utara ini, menjadi andalan bagi para petani di kecamatan Sipirok. Kopi yang saat ini menjadi tranding topik di era milineal ini memiliki bentuk biji yang sangat padat, dari seduanya mengahasilkan aroma tersendiri yang tidak dapat di hasilkan oleh kopi lainnya.

  • Kopi Gayo

Merupakan salah satu jenis kopi yang berasal dari Aceh Tengah. Kopi yang mempunyai tingkat keasaman yang rendah dengan sedikit perpaduan rempah, karakter yang di ciptakan dari kopi ini mempunyai aroma yang sangat kuat. Meskipun memiliki aroma yang kuat, namun kopi ini tidak pahit dan hal inilahlah yang membuatnya semakin di gemari. Terutama di negara Amerika Serikat dan Eropa.

  • Kopi Andung Sari

Kopi yang berasal dari pulau Jawa ini memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri, aroma remah yang di hasilkan secara alami menjadikan jeis kopi ini sangat di gemari oleh para pecinta kopi yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan kopi yang lainnya. Meskipun kopi Jawa tidak sekuat kopi Sumatera dari segi cita rasa dan aroma, tetapi memiliki aroma tipis rempah sehingga banyak penggemarnya. Hampir seluruh proses pembuatan kopi di pulau Jawa menggunakan sistem giling basah, hal ini yang membuat cita rasa ynag di hasilkan tidak terlalu kuat.

  • Kopi Arabika Arjuno

Merupakan salah satu kopi yang berasal dari kecamatan Karangploso tepatnya di kaki gunung Arjuno. Bagi kalian yang sering berwisata ke kota Malang pastinya tidak akan susah untuk menemukan kopi ynag satu ini, hampir dari seluruh tempat wisata yang ada di kota Malang menjajakan kopi ini. Kopi yang mempunyai aroma caramel serta memilki keasaman yang sedang dan pahit yang standar.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.