Mengorek Info Tentang Gerbang Pembayaran Nasional

Akhirnya setelah penantian yang sekian lama, Indonesia bisa memiliki Gerbang Pembayaran Nasioanal ( GPN ) sendiri Pada akhir 2017 lalu, kita pasti sudah mengenal istilah GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. Dan pada tanggal 3 mei 2018 lalu, mulai muncul kartu ATM atau debit yang mempunyai logo GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional secara resmi sudah bisa masyarakan gunakan. Mari kita mengenal GPN lebih dalam lagi. Selama ini, setiap terjadinya sebuah transaksi yang melibatkan kartu debit di mesin EDC di kenai biaya merchant discount rate (MDR) yang mencapai 3 % dari suatu nilai transaksi. Namu dengan hadirnya GPN ini, menjadikan biaya transaksi itu menjadi lebih murah lagi. Baiaya MDR yang dulunya bisa di kenai mencapai 3 % kini turun menjadi sekitar 1 % dengan menggunakan kartu yang sudah mempunyai logo GPN.

GPN ialah suatu system yang mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran nasional yang bisa melalui transaksi elektronik maupun transaksi non tunai. Bank Indonesia sudah meluncurkan suatu system seperti GPN yang memiliki wujud sebagai interkoneksi dan interopabilitas system pembayaran nasional. Dan layanan ini memiliki keuntungan yaitu bisa mempermudah jalannya pembayaran atau transaksi yang di lakukan oleh masyarakat dan juga untuk melindungi data nasabah agar aman dan tidak bocor. Jaringan PRIMA memiliki banyak peran yang bisa di gunakan untuk mengatur system jalannya transaksi agar para warga Indonesia bisa menikmati layanan yang aman dan nyaman. Dengan system yang seperti ini, memudahkan para masyarakat dalam melakukan dan menikmati semua fasilitas layanan transaksi elektronik yang sudah aman, handal, dan yang dapat di percaya.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dari adanya system GPN ini yaitu, sangat baik bagi para nasabah ayng memiliki kartu kredit, AM ataupun marchant. Berikut ini merupakan keuntungan bagi para nasabah yang perlu kalian ketahui. Baca secara rinci!

  1. Mempermudah dalam suatu system pembayaran nasioanal itu

Dalam sistem ini, jika kalian mempunyai semua kartu debit bank sudah bisa melakukan suatu transaksi di mesin EDC pada bank lain. Dan para nasabah sudah bisa dengan bebas dan mudah melakukan transaksi di mana saja.

  1. Mengapresiasikan penggunaan mesin EDC tersebut

Dengan menggunakan mesin EDC ini bisa menerapkan apa yang di harapkan dalam mendiring sharing infrastruktur sehingga bisa menggunakan sebuah mesin dan EDC bisa mengalami sebuah peningkatan. Sehingga biaya investasi infrastruktur itu bisa di gunakan untuk dana kegiatan pembiayaan pinjaman yang nanti pad akhir akan memberikan suatu dampak yang positif terhadap suatu perumbuhan ekonomi yang nasional itu. GPN juga akan membuat mudah hubungan antara system koneksi dengan suatu pihak yang sebelumnya sudah bersifat sangat bilateral anatara kedua belah pihak menjadi hubungan terpusat di GPN.

  1. Menjadi tulang punggung program yang di adakan Pemerintah.

System GPN ini juga di kabarkan menjadi tulang punggung beberapa program – program dari Pmerintah salah satunya yaitu penyaluran beberapa bantuan nasional berupa non tunai, elektronofikasi jalan – jalan tol dan transportasi public, keuangan inklusif, dan pengembangan system perdagangan nasioanal yang sudah berbasis elektronik.

  • Masyarakat bisa melakukan transaksi yang aman dan nyaman karean kartu ATM yang mempunyai logo G[N ini sudah di bekali alat keamanan.
  • Masyarakat juga tidak perlu membawa uang tunai yang banyak dan merepotkan.
  • Biaya administrasi sangat terjangkau

Sekian tulisan tentang gerbang pembayaran nasional atau GPN ini, semoga bermanfaat, pastikan kalian untuk membagikannya di sosial media ya, terima kasih.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.