Menjelajahi Wisata Alam Pangandaran Jawa Barat

Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang memiliki tempat wisata dengan keindahan alamnya yang mempesona dan memikat setiap pengunjung yang datang ataupun yang akan datang kesana. Salah satu obyek wisata favorit warga Jawa Barat pastinya adalah Pangandaran. Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, dengan ibu kota Parigi. Ketika berada di Pangandaran terdapat cukup banyak obyek wisata yang dapat wisatawan kunjungi.

Ketika mendengar kata Pangandaran maka yang akan terfikirkan adalah pantai, namun sebenarnya tidak hanya pantainya saja yang terkenal indah, masih terdapat tempat wisata lainnya yang memiliki keindahan alam mempesona yang wajib wisatawan kunjungi ketika berada disana, diantaranya yaitu :

Pantai Pangandaran

Inilah salah satu pantai paling populer di Jawa Barat. Benar bukan ? Ya, memang pantai Pangandaran menjadi primadona Jawa Barat.  Pantai ini berlokasi di Desa Pananjung, tepatnya di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, di tenggara Jawa Barat. Pantainya landai dengan hamparan pasir putih yang membentangl luas akan memanjakan mata para pengunjung. Air lautnya pun bersih dan aman untuk berenang dengan ombak pantai yang tidak terlalu besar.  Selain berenang, wisatawan juga dapat melakukan berbagai akitivitas lain, seperti memancing, berkeliling dengan sepeda, menaiki jet ski, dan juga naik perahu. Wisatawan juga dapat melihat taman laut yang indah.

gambar dari IG @alliciadeana

Salah satu hal istimewa dari Pantai Pangandaran yaitu wisatawan dapat melihat matahari terbit dan matahari terbenam dari Pantai Timur dan Pantai Barat pada hari yang sama. Setiap tahunnya, sekitar bulan Juni atau Juli akan diadakan Festival Layang-layang Internasional di pantai tersebut, sehingga tidak heran lagi jika pantai tersebut bajir pengunjung pada bulan-bulan tersebut.

Green Canyon

Green Canyon memiliki nama asli Cukang Taneuh (Jembatan Tanah), tetapi obyek wisata di Pangandaran yang satu ini lebih populer dengan nama Green Canyon. Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, tepatnya di Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Kurang lebih berjarak sekitar 31 km dari Pangandaran. Seperti namanya, terdapat jembatan dengan lebar sekitar 3 meter yang berada di atas tebing kembar di tepi sungai Green Canyon, air sungainya sendiri tampak berwarna hijau tosca. Di tepi sungai, rimbunnya pepohonan menambah hijaunya suasana dan menambah tempat tersebut semakin mempesona. Sungai ini mengalir menembus gua yang dilingkupi keindahan stalaktit dan stalagmit. Di tempat tersebut berbagai aktivitas wisata yang dapat wisatawan lakukan adalah berperahu, berenang, dan body rafting.

Ayo baca yang ini !  Daftar Kolam Renang Semarang Yang Cukup Viral

Goa Sumur Mudal

Goa Sumur Mudal adalah salah satu goa yang berada di cagar alam Pangandaran. Goa ini dinamakan Goa Sumur Mudal karena di dalamnya terdapat sebuah cekungan yang mirip seperti sumur. Dulunya, terdapat sebuah mata air yang sangat deras sampai airnya meluap (mudal) hingga mengalir melalui parit goa, sehingga lokasi tersebut diberi nama Goa Sumur Mudal. Di dalam Goa Sumur Mudal tersebut, wisatawan juga dapat melihat stalaktit dan stalagmit yang berbentuk unik, salah satunya yaitu yang berbentuk seperti kerongkongan manusia. Dinding-dinding Goa Sumur Mudal ini juga dihiasi relief alam yang indah seperti dinding candi.

Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri adalah obyek wisata yang masih tergolong baru di Pangandaran. Pantai ini baru menjadi tempat wisata sekitar empat tahun belakangan ini. Pantai ini berada di Dusun Lembah Putri, tepatnya berlokasi di Desa Putra Pinggan, Kecamatan Kalipucang, Jawa Barat. Pantainya masih alami dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga suasana alam disini sangatlah terasa, sangatlah cocok untuk para pengunjung yang ingin menenangkan diri dan mencari inspirasi.

Di pantai Lembah Putri ini terdapat bukit dan goa bernama Goa Ronggeng. Menurut cerita, pada malam tertentu akan terdengar suara musik menyerupai gamelan ronggeng dari dalam goa tersebut. Dari atas bukit, wisatawan akan menikmati indahnya pemandangan alam Pantai Lembah Putri, wisatawan juga akan menjumpai anak tangga dari batu alam yang di desain seperti miniatur Tembok Cina. Ketika menaiki miniatur Tembok Cina tersebut maka wisatawanharus mengeluarkan sedikit tenaga, namun tenang saja, semua perjuangan itu akan terbayarkan ketika sudah melihat indahnya alam yang ada disana.

Ayo baca yang ini !  Wisata Lembang Malam Hari

Pantai Keusik Luhur

Pantai Keusik Luhur adalah tempat wisata di Pangandaran yang dimana wisatawan dapat menjumpai panorama laut sekaligus panorama pegunungan. Pantai ini berada di Desa Kertamukti, tepatnya di Kecamatan Cimerak, kira-kira berjarak sekitar 15 km dari Green Canyon. Pantai ini diberi nama Keusik Luhur karena gelombang laut yang mengangkat pasir ke atas batu karang. Dalam bahasa sunda, keusik artinya pasir dan luhur artinya tinggi.

Di pantai ini wisatawan dapat menemui sebuah bukit, dari atas bukit inilah wisatawan bisa menikmati keindahan alam pantai, langit biru, hembusan angin dan ombak yang memecah di batu karang. Namun, wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di Pantai Keusik Luhur ini, wisatawan juga harus berhati-hati saat menaiki bukit karena kondisi bukit cukup curam dan licin dengan batu karang yang tajam.

Pantai Karang Nini

Di Pantai Karang Nini ini wisatawan bisa menjumpai batu karang yang berbentuk seperti nenek (nini), oleh karena itu diberi nama pantai Karang Nini. Menurut cerita, batu karang tersebut merupakan penjelmaan Nini yang setia menunggu suaminya pulang sampai berubah menjadi batu. Pantai Karang Nini ini berada di Desa Emplak, tepatnya di Kecamatan Kalipucang, kira-kira berjarak sekitar 83 km dari kota Ciamis arah selatan.

Karang Nini adalah paduan antara wisata hutan dan pantai, Karang Nini ini berlokasi di balik bukit di pinggir laut, yang dikelilingi oleh hutan jati yang sejuk. Untuk menikmati keindahan pemandangan dari kejauhan, wisatawan bisa naik ke atas menara pandang. Di wisata Karang Nini ini juga terdapat berbagai flora dan fauna, wisatawan bisa bertemu dengan tupai, kancil, ayam hutan, ular sanca, burung raja udang, kera, dan lainnya. Di sini juga terdapat camping ground, jogging track dan pondok wisata.

Ayo baca yang ini !  Wisata Air Terjun Curug Cimahi

Batu Hiu

Salah satu obyek wisata di Pangandaran yang terkenal lainnya adalah Pantai Batu Hiu. Pantai Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, tepatnya di Kecamatan Parigi. Jaraknya kira-kira sekitar 14 km arah selatan Pangandaran. Di Pantai Batu Hiu ini, wisatawan dapat menjumpai sebuah batu karang di tengah lautan yang bentuknya menyerupai ikan hiu, oleh karena itu diberi nama Batu Hiu.

Untuk menikmati keindahan alam di Pantai Batu Hiu ini, wisatawan bisa naik ke sebuah bukit kecil yang dikelilingi oleh pohon pandan wong (sejenis palem). Dari atas bukit tersebut, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan ombak Samudra Hindia yang berdebur kencang sembari menikmati sejuknya angin laut yang berhembus. Namun, wisatawan tidak bisa berenang di Pantai Batu Hiu ini karena berbahaya. Batu Hiu juga dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga wisatawan harus menjaga perkataan saat berada disana.

Kalau kalian sedang berada di Jawa Barat, jangan lupa jalan-jalan ke Bandung dan kunjungi jalan Braga ya, di artikel bawah ini kami ada informasi tempat makan di Braga yang murah.

Tempat Makan di Braga yang Murah

Bagaimana, sangat menarik untuk dikunjungi bukan ? Maka dari itu ketika berada di Pangandaran cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat menarik dengan pesona wisata alamnya tersebut, karena ketika berada disana wisatawan akan merasa seperti tidak ingin meninggalkan tempat tersebut dan ingin berlama-lama berada disana.

Pastikan kalian bagikan tulisan ini di sosial media ya! Dadah…

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.