Pentingnya niat zakat mal umat muslim

Taukah anda jika niat zakat mal tidak banyak di ketahui. Dalam islam, zakat memang telah menjadi salah satu dari lima pilar utama keislaman seseorang. Selain, syahadat, shalat lima waktu, puasa ramadan dan haji satu kali seumur hidup, zakat memang wajib di lakukan. Tidak membayar zakat bagi seseorang yang mampu berarti merupakan dosa besar. Hal ini tentu, sama dosa besarnya dengan meninggalkan shalat lima waktu atau puasa ramadhan.

Seperti yang di katakan bahwa perintah zakat “ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesunggunya doamu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka .” (qs. 9. At-taubah : 103). Artinya yaitu dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.  Hal ini tentu membuktikan bahwa islam mengajarkan umatnya untuk berzakat. Mengeluarkan zakat berarti memiliki niat. Adapun niat zakat berdasarkan jenis zakat yaitu:

Ayo baca yang ini !  Cara Membuat Kartu Kredit Bni Mudah

  • Niat mengeluarkan zakat harta

Nawaitu an ukhrija shodaqotal maal fardhan lillahi ta’ala (saya berniat sengaja mengeluarkan zakat harta semata-mata karena alloh ta’ala).

  • Niat zakat fitrah untuk diri sendiri

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri ‘an nafsifardhol lillahi ta’ala ( sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas diri saya sendiri)

Itulah niat zakat mal berdasarkan jenis zakat yang telah di ajarkan oleh agama islam.

 

 

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.