Saran dalam Membeli Mobil Bekas

Mobil bekas menjadi pilihan bagi anda yang ingin memiliki kendaraan bermotor, khususnya roda empat dengan harga yang terjangkau. Dalam membeli mobil bekas, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar anda membeli mobil bekas yang kualitasnya masih bagus. Jangan tergoda dengan harga mobil bekas yang murah namun ternyata kualitasnya rendah,

Berikut kami berikan beberapa saran untuk anda dalam memilih mobil bekas.

  1. Curigai mobil bekas yang dijual dengan harga miring.

Dalam membeli mobil salah satu prinsipnya adalah, ada harga ada kualitas. Bukan berarti anda tidak bisa membeli mobil bekas dengan harga lebih murah. Tapi anda harus benar-benar jeli dalam membeli mobil tersebut, jangan tergoda harga miring yang ditawarkan.

Biasanya mobil yang terkena banjir, dijual murah oleh pemiliknya dengan harga dibawah normal. Atau pemilik showroom sengaja menjual mobil dengan harga murah untuk menarik minat anda datang ke showroom dan ditawari mobil lain.

  1. Periksa bodi mobil dari goresan, penyok, atau rusak.

Pastikan mobil bekas yang anda beli bekas yang akan anda beli bodinya bebas dari goresan, penyok, atau rusak. Perhatikan juga cat dari bodil mobil tersebut, apakah ada belang atau tidak. Belang cat pada mobil biasanya dilakukan oleh pemilik mobil untuk menutupi goresan, penyok, atau kerusakan pada bodi mobil.

Pastikan juga bodi mobil bukan bekas tabrakan. Kalau ada kekurangan dari bodi mobil tersebut, anda bisa meminta untuk mengurangi harga jual mobil yang anda minati itu. Kalau tidak, anda beralih saja ke mobil bekas lain.

  1. Kelengkapan surat-surat dan dokumen mobil bekas.

Pastikan surat-surat dan dokumen dari mobil bekas yang akan anda beli lengkap. Misalnya STNK, BPKB, dan Faktur pembelian. Kalau mobil yang anda beli model built-up, pastikan dilengkapi dengan form-A. Pastikan juga pajak dan STNK-nya masih aktif. Cocokkan nomor rangka mobil dengan nomor rangka yang terdapat di STNK maupun BPKB. Pastikan juga nama di STNK dan BPKB sama dengan nama pemilik asli sesuai identitasnya di KTP.

  1. Ajak seseorang yang paham tentang mobil.

Kalau kamu kurang paham tentang mobil bekas, ajaklah seseorang yang lebih paham, misalnya seorang mekanik yang terbiasa dengan mobil. Hal ini untuk membantu anda dalam mengambil keputusan membeli atau tidak dari mobil bekas tersebut.

  1. Periksa catatan servis dari mobil bekas tersebut.

Pastikan anda meminta catatan atau kartu servis dari mobil bekas tersebut. Dari catatan itu anda bisa mengetahui kalau mobil bekas yang anda taksir itu dirawat secara rutin atau tidak, memakai sparepart yang asli atau tidak. Lebih bagus kalau catatan servisnya berasal dari bengkel dealer resmi.

  1. Periksa aksesoris dan interior mobil bekas itu.

Cek fitur yang terdapat dalam interiro mobil bekas yang anda minati tersebut. Misalnya fungsi AC, saklar lampu utama, lampu senja, lampu sein, lampu rem, sistem audio dan klakson, wiper depan dan belakang.

Periksa juga jok mobil, apakah masih empuk atau sudah tipis. Cek plafon mobil serta dashboard. Pastikan juga kondisi mobil tidak bau apek. Kalau ada kekurangan, anda tinggal minta pengurangan harga.

  1. Cek kondisi mesin.

Yang paling penting adalah anda memastikan kondisi mesin dari mobil bekas yang anda taksir masih bagus. Mesin yang bagus distarter langsung nyala dan tidak ada bunyi kasar saat mesin hidup. Pastikan juga tidak ada kebocoran dari oli di mesin tersebut.

Pastikan anda bisa melakukan test drive mobil tersebut untuk mencek langsung kualitas mesin, rem, atau kopling saat mobil tersebut dijalankan.

Itulah 7 saran yang bisa anda lakukan saat akan membeli mobil bekas. kalau masih ragu, anda bisa cek di web mobil88.astra.co.id. Situs ini merupakan tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya.

Sekian tulisan dari saya, kalau dirasa bermanfaat, pastikan kalian membagikannya di sosial media ya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.