Sekilas Tentang PT Mayora Indah Tbk

Pernahkah anda mengkonsumsi biscuit Roma Kelapa? Taukah anda, perusahaan mana yang memproduksi biscuit kesukaan keluarga Indonesia ini?

Biscuit Roma Kelapa adalah salah satu biscuit yang diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Mayora Indah Tbk atau MYOR berdiri pada tanggal 17 Februari tahun 1977 dan mulai beroperasi pada Mei 1978. Pabrik pertama PT Mayora Indah Tbk terletak di Tangerang. Pada tahun 1990 PT Mayora Indah Tbk berubah menjadi perusahaan public.

Sesuai dengan Anggaran Dasar Perusahaan, kegiatan usaha dari PT Mayora Indah Tbk adalah usaha dalam bidang industry, agen atau perwakilan dan juga perdagangan. Dalam bidang usaha industry,  Mayora memiliki beberapa merek dagang terkenal baik di Indonesia maupun di mancanegara. Bidang usaha industry PT Mayora Indah Tbk ini antara lain biscuit, kembang gula atau permen, wafer, coklat, kopi, produk minuman kemasan dan minuman kesehatan penunjang rasa lapar dan masih banyak lagi.

Pada divisi biscuit, PT Mayora Indah Tbk memiliki beberapa merek dagang antara lain Roma, Danisa, Royal Choice, Better, Muuch Better, Slai O’Lai, Sari Gandum, Coffejoy dan Chees’kress.

Pada divisi permen atau kembang gula, PT Mayora Indah Tbk mengeluarkan beberapa merek dagang seperti Kopiko, Kopiko Milko, Kopiko Cappucino, Tamarind, Kis dan Juizy Milk.

Pada divisi wafer terdapat beberapa merek dagang seperti Beng Beng, Beng Beng Maxx, Astor, Astor Skinny Roll, Roma Wafer Coklat dan Roma Wafer Keju.

Untuk produk coklat dari PT Mayora Indah Tbk ini hanya memiliki satu merek dagang yaitu Choki-Choki.

Pada produk yang mengandung kopi, PT Mayora Indah Tbk memiliki beberapa merek dagang yang sudah terkenal di pasar Indonesia. Merek dagangnya antara lain Torabika Duo, Torabika Duo Susu, Torabika Jahe Susu, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Cappucino, Kopiko Brown Coffe, Kopiko White Coffe dan Kopiko White Mocca.

Pada produk minuman berkemasan, PT Mayora Indah Tbk memiliki merek dagang yang sangat laris di pasaran yaitu Teh Pucuk Harum.

Pada produk minuman kesehatan, PT Mayora Indah Tbk memiliki beberapa merek dagang yaitu Energen Cereal, Energen Oatmilk dan Energen Go Fruit.

Selain produk yang kami sebutkan diatas, masih banyak produk dari PT Mayora Indah Tbk yang digemari masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Saat ini, pemegang saham yang memegang 5% atau lebih dari total saham di PT Mayora Indah Tbk adalah PT Unita Branindo memegang saham sebesar 32,93%, PT Mayora Dhana Utama sebesar 26,14% dan yang terakhir adalah Bapak Jogi Hendra Atmadja yang memegang saham sebesar 25,22%.

Selain menjadi salah satu pemegang saham utama di PT Mayora Indah Tbk, Bapak Jogi Hendra Atmadja adalah CEO MAYORA sekaligus pendiri dari PT Mayora Indah Tbk. Jogi Hendra Atmadja masuk dalam daftar 10 pengusaha terkaya di dunia versi majalah Forbes. Beliau mendirikan Mayora Indah Tbk bersama dengan kedua temannya yaitu Drs. Raden Soedigdo dan Ir. Darmawan Kurnia.

PASAR MAYORA Saat ini, produk-produk dari PT Mayora Indah Tbk tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, tetapi sudah sampai pasar luar negeri. Saat artikel ini diterbitkan, PT Mayora Indah Tbk sedang mengejar target dengan melakukan ekspansi ke Filipina. Tidak hanya digemari rakyat Indonesia, produk-produk dari PT Mayora Indah Tbk juga sangat digemari oleh masyarakat luar negeri.

Sepanjang tahun 2018, Mayora Indah Tbk mendapatkan penghasilan sebesar Rp.24,06 trilliun. Pendapatan ini meningkat sebesar 15,58% dari penghasilan tahun 2017. Pada tahun lalu, ekspor Mayora Indah Tbk mencapai angka Rp. 11,10 trilliun. Dan pada pasar domestic sendiri PT Mayora Indah Tbk  mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 12,96 trilliun. Pada tahun 2019 ini, penjualan bersih sepanjang bulan Januari hingga September sebesar Rp. 17,96 trilliun.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.