Wisata Air Terjun Indonesia yang Tidak Boleh Dilewatkan

Indonesia memang negara yang memiliki keindahan alam di setiap daerah dari Sabang hingga Merauke. Beragam flora dan fauna yang bisa ditemukan di Indonesa. Keindahan alam Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Banyak pesona keelokan alam Indonesia yang tersohor dan terkenal hingga ke penjuru dunia. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan datangnya banyak para wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia dengan tujuan utama untuk menikmati alam Indonesia yang indah.

Beragam jenis keindahan alam Indonesia ini yang bisa dikunjungi para wisatawan. Keindahan-  keindahan alam ini terdapat bermacam-macam, ada yang berupa daratan dan juga yang berupa perairan. Keindahan alam daratan yang dimiliki Indonesia sangat banyak, seperti gunung, pegunungan, hutan hijau, perkebunan, dataran tinggi, lembah perbukitan, sawah yang membentang luas, hingga sabana. Keindahan alam perairan yang dimiliki Indonesia sangat banyak, seperti lautan atau samudera yang membentang luas, pantai dengan airnya yang tenang, sungai panjang yang mengalir di setiap pulaunya, danau yang airnya bening dan tenang, waduk buatan masyarakat Indonesia yang indah, hingga air terjun di Indonesia dengan keindahannya begitu mempesona.

Masyarakat di Indonesia dimanapun berada wajib untuk bersyukur dan bangga memiliki alam yang indah dan patut untuk menjaganya. Ketika musim libur ataupun hari sedang libur pastinya banyak yang merasa bingung ingin berlibur dimana, oleh karena itu disarankan untuk memiliki rencana belibur sebelum hari libur tiba. Memang Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan alam yang banyak, karena itu banyak yang bingung memilik tempat berlibur. Namun tenang saja, jika wisatawan masih bingung menentukan tempat liburan, ada salah satu destinasi liburan yang sangat disarankan yaitu Air Terjun. Bukannya masih banyak destinasi lainnya ? Memang benar, namun tidak ada salahnya juga jika wisatawan mengetahui beberapa tempat air terjun di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang mempesona, diantaranya yaitu :

Ayo baca yang ini !  Wisata Pantai Santolo di Garut

Grojokan Sewu

gambar dari IG @anitapurbosari

Masyarakat Jawa khusunya Jawa Timur dan Jawa Tengah pastinya sudah mengetahui Air Terjun tersebut. Grojogan Sewu adalah air terjun yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Grojokan Sewu (dalam bahasa jawa yang artinya Grojokan Seribu) adalah air terjun yang populer dikalangan masyarakat Jawa Tengah bagian timur. Namun populernya air terjun ini hingga mencapai luar kota, bahkan luar provinsi, sehingga tidak diherankan jika banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Gunung Lawu, kesejukan yang ada disana akan membuat hati dan fikiran para pengunjung menjadi tenang, sehingga sangat disarankan untuk pengunjung yang ingin menenangkan fikiran dan mencari inspirasi untuk pergi kesana.

Air terjun ini berjarak sekitar 27 kilometer dari sebelah timur Kota Karanganyar Jawa Tengah. Air terjun ini berada di kawasan hutan wisata sekitar Grojogan Sewu. Hutan wisata ini mempunyai luas sekitar 20 hektar. Kawasan hutan ini ditumbuhi berbagai macam jenis pohon dan dihuni oleh banyak fauna yang jinak seperti kera. Ketika berada disana wisatawan bisa merasakan beberapa fasilitas yang telah disediakan seperti kolam renang, masjid, kios makanan, tempat oleh-oleh dan juga fasilitas lainnya.

Curug Cimahi

Ketika mendengar nama air terjun tersebut wisatawan pasti bisa menebak bahwa letaknya di daerah Jawa Barat. Ya, memang Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun, dan nama Cimahi disini berasal dari nama sungai yang mengalir di atas air terjun tersebut. Curug Cimahi ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun Curug Cimahi adalah air terjun yang paling tinggi di Bandung.

Ayo baca yang ini !  Wisata Pantai Lembah Putri Pangandaran Jawa Barat

Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 85 meter dan menempati area seluas kurang lebih 2 hektar. Dari jarak belasan meter dari lokasi, wisatawan sudah bisa melihat indahnya air terjun ini. Air Terjun ini juga sering disebut dengan Curug Pelangi, karena air yang mengalir di air terjun tersebut menyala berubah-ubah warna seperti pelangi. Jika malam hari keindahan alam air terjun ditambah dengan warna air terjun akan tampak jelas terlihat.

Dua Warna

Air terjun Dua Warna ini terletak di Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang. Dari namanya  saja pasti wisatawan bisa membayangkan bahwa air terjun ini mempunyai dua warna. Ya, sama seperti namanya, air terjun ini memang memiliki warna biru dan bening. Untuk bisa mencapai air terjun dengan pemandangan yang indah ini diperlukan perjuangan yang tidak ringan, wisatawan harus berjalan menembus hutan yang rimbun lebih dari satu jam.

Namun semua lelah yang di rasa akan hilang setelah berada di air terjun yang mempesona ini. Air terjun ini tinggi dan dibawahnya terbentuk kolam dan wisatawan juga bisa berenang disana, sehingga para wisatawan akan merasa ingin berlama-lama disana.

Kakek Bodo

Ketika mendengar nama air terjun tersebut, tentunya para wisatawan merasa penasaran bukan ? Air terjun Kakek Bodo ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter yang terletak di Prigen, tepatnya Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Terdapat mitos di air terjun ini, yaitu sebagai tempat menyepi seorang kakek yang mencari makna kehidupan, maka dari itu terdapat nama Kakek di air terjun ini. Air terjun ini menjadi objek wisata keluarga yang selalu ramai pengunjung setiap hari dan setiap akhir pekannya.  Banyak orang yang menjadikan air terjun disini sebagai tempat yang tepat untuk menghilangkan rasa penat dan menyegarkan pikiran, karena udara di sekitar air terjun yang terasa sejuk dan segar.

Ayo baca yang ini !  5 Destinasi Liburan Murah Di Indonesia

Sri Gethuk

Air terjun ini sangatlah terkenal di masyarakat Yogyakarta. Air terjun mempunyai keindahan alam yang mempesona dan memikat para pengunjung yang berkunjung kesana. Air terjun ini terletak di Padukuhan Menggoran, tepatnya di kawasan Kabupaten Gunung Kidul. Air terjun Sri Gethuk mempunyai tinggi 80 meter dan berada di tepi Sungai Oyo. Keunikan yang dimiliki air terjun ini adalah airnya bercabang pada dua celah tebing dan kemudian muncul dari sela- sela tebing.

Air terjun ini diberi nama Sri Gethuk karena menurut cerita pada zaman dahulu sering terdengar suara gamelan dari tempat ini, selain itu Air terjun ini juga dipercaya sebagai kawasan pasar jin. Namun terlepas dari hal tersebut air terjun ini tetap menjadi tempat wisata populer untuk dikunjungi.

Bagi kalian yang ingin mencari informasi tentang tempat wisata di Cianjur yang murah bisa klik link di bawah ini.

Tempat Wisata di Cianjur yang murah

Selain beberapa tempat wisata air terjun yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi wisata air terjun lainnya yang ada di Indonesia dengan pesona alam yang dimilikinya. Selain berwisata, beberapa wisatawan ingin berkunjung ke air terjun karena ingin menenangkan fikiran dan juga ingin mencari inspirasi. Oleh karena itu wisatawan juga wajib memasukkan air terjun ke daftar destinasi liburan yang ingin dikunjungi, baik bersama keluarga, saudara, sahabat, teman dan juga kekasih tercinta.

 

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.